ilokasi

Gerak Jatuh Bebas | Contoh Gerak Jatuh Bebas

Contoh gerak jatuh bebas
Contoh gerak jatuh bebas (buah kelapa jatuh)


Contoh gerak jatuh bebas adalah buah kelapa yang jatuh dari pohonnya atau suatu benda yang jatuh dari ketinggian tetapi pada saat jatuh tidak didorong oleh gaya (jatuh dengan sendirinya). Atau anda bisa melakukan praktik gerak jatuh bebas dengan melepaskan suatu benda dari ketinggian tertentu. Gerak jatuh bebas akan terjadi jika anda melepaskan benda tersebut tidak dengan gaya dorong atau melemparnya tetapi cukup hanya dengan melepaskan benda tersebut dari genggaman. Di dalam kehidupan sehari-hari yang paling banyak contoh gerak jatuh bebas ini adalah pada buah-buahan yang jatuh dari pohonnya karena buah tersebut sudah matang.

Menurut saya pribadi pengertian gerak jatuh bebas adalah suatu objek yang jatuh dari ketinggian dengan kecepatan awal nol. Secara teori pada gerak lurus berubah beratuan ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan GLB ataapun GLBB, hanya saja pada GJB ini dua hal pokok yang perbedaannya adalah kecepatan awal dan percepatan gravitasi. Jadi jika pada gerak lurus berubah beratuan adanya percepatan (disombolkan dgn "a") sedangkan pada GJB ini terdapat percepatan gravitasi (disimbolkan dgn "g"). Nilai percepatan gravitasi biasanya 9,8 meter per sekon kuadrat atau 10 meter per sekon kuadrat.

Rumus yang berlaku pada gerak jatuh bebas adalah sbb :

v= \sqrt{2gh}

 t= \sqrt{2h/g}

Keterangan :

v = kecepatan benda yang jatuh (meter/sekon)
t = waktu (sekon)
g = percepatan gravitasi (meter / sekon kuadrat)
h = tinggi benda yang jatuh (meter)

Untuk melatih anda supaya bisa memahami dan membedakan materi fisika gerak jatuh bebas ini, maka berikut ini saya hadirkan contoh soal gerak jatuh bebas dan pembahasannya yang masih sederhana.

Semua soal mempunyai percepatan gravitasi = 10 m /s kuadrat
  1. Sebuah kelapa muda terjatuh dari pohonnya dengan ketinggian 20 meter. Jika percepatan gravitasi adalah 10 m / sekon kuadrat, hitunglah lamanya waktu buah kelapa muda tersebut sampai ke tanah ?
  2. Berapa kecepatan buah mangga yang jatuh dari ketinggian 15 meter ?
  3. Berapakah tinggi gedung A jika ada suatu benda yang jatuh bebas dari puncaknya selama 60 sekon baru sampai ke tanah?
  4. Jika diketahui pada gerak jatuh bebas sebuah benda berada pada posisi tengah-tengah ketinggian setelah jatuh selama 3 detik dari puncak gedung. Berapakah tinggi dari gedung tersebut ?
  5. Ada dua buah mangga jatuh dari ketinggian yang berbeda, jarak ketinggian antara kedua buah tersebut adalah 1,5 meter. Jika pada buah yang paling tinggi terjatuh lebih dulu, maka hitunglah jarak waktu buah kedua jatuh setelah buah pertama jika akhirnya kedua buah tersebut sama-sama sampai mencapai tanah pada waktu yang sama.
Pembahasan :
1. Diketahui : h = 20 m
                     g = 9.8 m/s kuadrat 
    Ditanya : t = ?
    Penyelesaian :
    t= \sqrt{2h/g} = akar dari (2. 20 / 10 )
        = akar ( 4 )
        = 2 sekon
Jadi, waktu yang dibutuhkan oleh buah kelapa muda tersebut menyentuh tanah adalah 2 detik.

2. Diketahui : h = 15 meter
                     g = 10 m/ s kuadrat
    Ditanya : v = ?
    Penyelesaian :
    v= \sqrt{2gh} 
        = akar dari ( 2 x 10m/s2 x 15m)
        = akar 300 m/s

Untuk soal dari nomor 3 sd 5, anda harus hitung sendiri. Ini berguna supaya anda bisa lebih paham tentang salah astu materi pelajaran fisika ini.

Di bawah ini adalah contoh lain dari gerak jatuh bebas :
Contoh lain gerak jatuh bebas
Contoh lain gerak jatuh sebas
Jika anda ingin membuktikan dan melakukan pengukuran langsung terhadap materi GJB ini, anda bisa melakukan percobaan gerak jatuh bebas yang sederhana dari tempat belajar anda. Coba anda jatuhkan pulpen atau pensil dari ketinggian tertentu, kemudian hidupkan stopwatch untuk menghitung lamanya waktu. Kemudian anda buatlah tabel khusus dengan nomor 1 sd 10, pada setiap nomor buatlah kondisi yang berbeda-beda pada percobaannya. Setelah data dari percobaan tersebut anda dapatkan, terakhir coba anda hitung dengan menggunakan rumus dari 10 kondisi tadi. Bandingkan hasil antara percobaan langsung dengan teori yang ada.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Gerak Jatuh Bebas | Contoh Gerak Jatuh Bebas ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :