ilokasi

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Contoh Gerak Lurus Berubah Beraturan
Contoh Gerak Lurus Berubah Beraturan
Pengertian Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) adalah suatu objek yang bergerak lurus dengan kecepatan yang berubah-ubah secara beraturan sehingga akan menimbulkan apa yang disebut dengan percepatan suatu benda. Lain halnya dengan gerak lurus beraturan (GLB) yang percepatannya adalah nol, pada GLBB ini terdapat perubahan kecepatan sehingga rumus perhitungan sedikit lebih sulit. Tapi memang GLB ini secara nyata lebih banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Karena menurut saya pribadi, biasanya benda objek bergerak akan ada perubahan kecepatan yang disebabkan berbagai hal.

Coba perhatikan gambar contoh gerak lurus berubah beraturan di atas, mengapa orang yang berlari bisa kita kategorikan pada GLBB jika ia berlari dengan kecepatan yang berubah-ubah atau dengan kata lain dengan kecepatan tidak tetap. Pada awalnya bisa jadi mereka berlari lebih cepat karena stamina belum turun, tetapi setelah beberapa saat bisa jadi stamina mereka akan turun karena kelelahan. 

Di dalam fisika, rumus gerak lurus berubah beraturan secara umum kita ketahui adalah sebagai berikut :

Vt = Vo + at

S = Vo t + 1/2 a (t kuadrat)


Vt kuadrat = Vo kuadrat + 2 a . s

Keterangan rumus GLBB di atas :
Vt = Kecepatan akhir (m/s)
Vo = Kecepatan awal (m/s)
S = Jarak yang ditempuh (m)
a = Percepatan (m / s (kuadrat))

Dari rumus GLBB di atas dapat kita ketahui bahwasanya tidak sesederhana seperti rumus GLB, ini karena adanya percepatan. Pada GLB tidak terdapat kecepatan awal dengan kecepatan akhir, karena kecepatannya konstan atau tetap. Sedangkan pada GLBB ini kecepatan akan berubah-ubah sejalan dengan waktu. Tingkat frekuensi atau keseringan dari perubahan kecepatan inilah yang disebut juga percepatan.

Berikut contoh soal gerak lurus berubah beraturan yang sederhana beserta jawaban dan pembahasannya :
1. Sebuah mobil melaju dengan kecepatan 90 km/jam tiba-tiba melakukan penambahan kecepatan karena jalanan yang sepi dan lurus dengan percepatan 1 m/s kuadrat. Hitunglah jarak yang ditempuh oleh mobil itu dari saat ini hingga waktu berjalan 10 detik ?

Jawab :
Diketahui : Vo = 90 km/jam =  25 m/s
                  a = 1 m/s2
                  t = 10 s
Ditanya : s (jarak) = ?
Penyelesaian| Pembahasan :
s =  Vo t + 1/2 a t (kuadrat)
   = 25.  10 + 1/2.  1.  (10 kuadrat)
   = 250 + 1/2.  100
   = 250 + 50
   = 300 meter atau 0,3 Km


2. Jika Bedu dikejar anjing dengan kecepatan 30 Km/jam berlari di  suatu jalan raya, dimana dari arah berlawanan ada Alex yang sedang latihan berlari cepat berlari dengan kecepatan 40 Km/jam. Pada saat jarak antara keduanya 100 meter, Alex memperlambat kecepatan dengan percepatan -5 m/s, tetapi bedu sama sekali tidak memperlambat kecepatannya. Hitunglah waktu dimana keduanya akan bertemu ?
Untuk soal yang nomor 2 (dua) ini saya rancang khusus untuk anda, jadi anda harus mencoba banyak-banyak latihan berbagai contoh soal dengan kondisi yang berbeda-beda.


Grafik Gerak Lurus Berubah Beraturan
Grafik Gerak Lurus Berubah Beraturan

Coba perhatikan grafik gerak lurus berubah beraturan di atas, dimana ada tiga grafik masing-masing garfik jarak-waktu, grafik kecepatan -waktu dan grafik percepatan - waktu. Itu salah satu kondisi grafik pada contoh objek yang bergerak dengan kecepatan yang berubah-ubah.

Tag : contoh gerak lurus berubah beraturan, soal gerak lurus berubah beraturan, rumus gerak lurus berubah beraturan, kinematika gerak lurus berubah beraturan



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :