RUMUS LUAS PERMUKAAN BOLA | RUMUS PERMUKAAN BOLA

Perhatikan Permukaan Kulit Bola
Rumus Luas Permukaan Bola | Rumus Permukaan Bola - Yang dimaksud dengan permukaan pada bola adalah bagian dari yang menyelimuti bola tersebut atau disebut juga sebagai kulit bola. Untuk mencari luas pada bagian permukaan ini tenttunya sangat sulit untuk dinalarkan seperti halnya kita menentukan luas permukaan bangun ruang lainnya yang lebih simpel menurut saya seperti bangun ruang kubus. Jika anda ingin melakukan praktik secara langsung dan melakukan pengukuran, maka anda bisa memulai dengan membelah sebuah bola dan anda bentangkan kulit bola tersebut. Jika anda tidak bisa mengukurnya secara tepat karena bentuknya yang tidak beratura, tetapi setidaknya anda mempunyai nilai yang mendekati sebagai acuan untuk menguji rumus luas permukaan bola yang sudah ditentukan.

Tapi saya ingatkan sebaiknya jika anda ingin mengambil kulit bola, usahakan jangan bola yang baru dan masih kondisi bagus. Apalagi bola terebut adalah bola yang harganya mahal. Coba saya dengan bola yang sudah tidak terpakai dan kodisinya sudah tidak bagus lagi. 

Luas Permukaan Kulit Bola

Coba perhatikan gambar dari bola di atas, diketahui r adalah jari-jari bola. Jika anda perhatikan secara seksama maka untuk mencari luas permukaan bola ada sangkut pautnya dengan rumus yang ada pada lingkaran. Ini karena menurut saya pribadi bangun ruang bola itu merupakan pengembagan dari bagun datar lingkaran.

Dari yang saya ketahui dan berbagai referensi dari artikel internet lainnya maka diperoleh rumus luas permukaan bola adalah : 4 x phi x jar-jari x jari-jari.
Dimana :
phi : 22/7 atau 3,14
r = jari-jari (Yaitu jarak dari titik pusat ke bagian tepi/kulit bola)
konstanta 4 pada rumus tersebut merupakan sudah suatu konstanta atau ketentuan yang tentunya sudah terbukti kebenarannya.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel RUMUS LUAS PERMUKAAN BOLA | RUMUS PERMUKAAN BOLA ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :