RUMUS SEGITIGA SAMA SISI

Segitiga Sama Sisi
Jika pada sebuah segitiga mempuyai panjang semua sisinya sama maka segitiga tersebut adalah segitiga sama sisi, pada jenis segitiga ini berlaku rumus tersendiri yang agak berbeda. Tetapi semua rumus tidak saling bertolak belakang, pada intinya adalah sama hanya saja ada yang mengalami pengembangan lebih lanjut karena adanya kondisi yang berbeda. Saya rasa anda akan sedikit pusing dengan kata-kata saya yang agak berbelit-belit, maaf saja jika tidak familiar. Saya hanya mencoba menuangkan yang ada dalam pikiran sambil menuliskannya sekilas jalan. 

Semua sisi pada segitiga sama sisi bisa saya pastikan bahwa tidak terdapat sisi yang disebut tinggi. Mengapa saya bisa menyimpulkan demikian. Karena pada segitiga ini semua sudut yang dibentuk adalah sama yaitu 180 derajat dibagi tiga (60 derajat). Sehingga besarnya nilai dari sudut-sudut tersebut tidak memenuhi syarat sebagai sisi tegak (yang diapit oleh sudut siku).

Jadi untuk mencari luas pada segitiga sama sisi anda harus mencari sisi tegak terlebih dahulu, karena rumus umum segitiga yang kita ketahui adalah setengah alas dikali tinggi. Tetapi tentunya ada juga rumus luas pada segitiga jenis ini yang kita tidak perlu mencari sisi tegak telebih dahulu. Ya yang pasti rumus itu sama saja latar belakangnya tetapi disederhanakan lagi sampai menghilangkan variabel sisi tegak. Ya istilah matematikanya adalah subtitusi (kalau tidak salah wkwk..wkk). Rumus tersebut yaitu (sisi kuadrat / 4) dikali akar tiga.

Jika anda ingin menentukan sisi tegak pada segitiga sama sisi ini, maka anda bisa menarik garis dari titik puncak segitiga secara tegak lurus hingga sampai ke dasar. Nah panjang garis itulah yang disebut sebagai panjang sisi tegak segitiga. Tetapi masalahnya lagi apakah benar jika anda mencari luas pada segitiga ini hanya dengan menggunakan rumus 1/2 alas x tinggi. Tentunya tidak, karena pada saat kita membelah atau membentuk garis dari titik puncak ke dasar maka segitiga akan menjadi dua buah. Jadi jika pada segitiga sama sisi tersebut anda terapkan rumus umum 1/2 alas x tinggi, maka luas tersebut hanya sama denga luas dari setengahnya. Jadi terdapat dua buah segitiga siku-siku pada saat kita membentuk garis tengah sebagai sisi tegak.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel RUMUS SEGITIGA SAMA SISI ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :