RUMUS VOLUME TABUNG | RUMUS VOLUME TABUNG SILINDER

Rumus Volume Tabung | Rumus Volume Tabung Silinder

Rumus Volume Tabung | Rumus Volume Tabung Silinder - maksudnya adalah besarnya isi dari bagian dalam tabung tersebut yang satuannya dalam kubik ( pangkat 3). Mengapa satuannya kubik atau pangkat 3, ini karena tabung adalah merupakan salah satu dari bagun ruang yang tentu volumenya itu didapat dari perkalian 3 dimensi. Untuk memahami megenai sifat tersebut anda bisa membaca artikel saya mengenai pebedaan bangun datar dan bangun ruang. Untuk kata-kata silinder sebenarnya itulah sebutan untuk tabung yang sering kita dengan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi dalam istilah mekanik kata silinder ini lebih familiar kita dengar. 

Perumpamaan jika anda ingin menghitung besarnya volume suatu tabung, anda bisa melakukan percobaan sederhana dengan mengisi tabung tersebut dengan air hingga penuh. Kemudian air tersebut anda ukur dengan alat ukur, berapa literkah air tersebut, kemudian anda konversi ke satuan ukur yang lebih mudah cm (centi meter). 1 liter sama dengan 1 dm kubik. Sesuaikah angka hasil hitungan rumus volume tabung yang anda gunakan dengan kondisi jumlah air yang sebenarnya. Saya yakin dengan seyakin-yakinnya bahwa hasilnya akan sama, karena suatu rumus yang telah dibakukan dan diakui tentunya sudah melalui pembuktian terlebih dahulu. Kalaupun ada perbedaan sedikit itupun sangat kecil sekali, itu bukan karena kesalahan rumus melainkan toleransi kesalahan yang mungkin terjadi pada saat praktik (seperti air nya tumpah sedikit, dan lain sebagainya).

Tedmont Yang Berbentuk Tabung atau Silinder

Salah satu peralatan rumah tangga yang berbentuk tabung atau silinder adalah tedmont. Tedmont ini digunakan untuk menampung air kemudian mengalirkannya lagi ke kran-kran sesuai kebutuhan. Pada tedmont ini anda bisa menerapkan rumus volume tabung secara matematika untuk membuktikan kebenaran spesifikasi pabrik dari tedmont tersebut. Misalnya sewaktu anda membeli tedmont dan penjaga warung mengatakan tedmont 2000 liter, maka artinya tedmont tersebut mempunyai kapasitas maksimum 2000 liter atau 2000 dm kubik. Coba anda hitung volume tabung tedmont dengan rumus sebagai berikut :

Volume tabung = Luas Alas x tinggi

dimana :
Luas alas : yaitu luas dari permukaan alas yang berbentuk lingkaran
tinggi : tinggi dari tabung tersebut

Luas lingkaran alas = phi x jari-jari x jari-jari
Jari-jari : jarak antara titik pusat lingkaran ke tepi lingkaran (setengah dari diameter tabung)

Langkah-langkahnya :
  • Anda ukur dengan meteran tinggi dari tedmont ( dari dasar hingga atas)
  • Anda ukur garis tengah atau lingkaran alas tedmont
  • Tentukan jari-jari adalah setengah dari diameter
  • Hitunglah dengan menggunakan rumus volume tabung di atas.
  • Bandingkan hasil dari perhitungan dengan data nilai spesifikasi pabrik tedmont tersebut.
Pada materi tabung ini, selain volume anda juga bisa menghitung luas dari permukaan tabung dan selimut tabung.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel RUMUS VOLUME TABUNG | RUMUS VOLUME TABUNG SILINDER ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :