ilokasi

Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Contoh gerak lurus beraturan
Gambar Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Pengertian Gerak Lurus Beraturan (GLB) adalah gerak lurus dari suatu objek dengan kecepatan tetap sehingga jarak yang ditempuh bisa dihitung dengan rumus kecepatan berbanding dengan waktu. Pada GLB ini percepatannya adalah nol, karena pada objek tersebut tidak terjadi perubahan kecepatan. Jadi percepatan itu sendiri berbeda dengan kecepatan, dimana kecepatan didapat dari besarnya jarak yang ditempuh berbanding waktu, sedangkan percepatan didapat dari besarnya perubahan kecepatan terhadap waktu. Makanya jika suatu benda atau objek bergerak dengan kecepatan tetap maka precepatannya tidak ada.

Untuk contoh gerak lurus beraturan dalam kehidupan sehari-hari cukup banyak dan merupakan kegiatan kita pada umumnya yang dilakukan setiap hari. Contohnya seseorang naik motor melaju lurus dengan kecepatan tetap 60 km/jam pada suatu jalan yang lurus. Orang yang naik motor tersebut bisa dikateogorikan sebagai GLB pada fisika karena motor itu juga sebagai objek yang bergerak dengan laju tetap yaitu 60 km/jam. Jadi jika kita hitung jarak yang ditempuh oleh orang bermotor tersebut maka ia akan menempuh jarak sepanjang 60 km dalam waktu satu jam. Atau jika jalan motor tersebut hanya sepanjang 1 km, maka jarak tersebut bisa ditempuh hanya dalam waktu 1 menit.

Di dalam fisika, rumus gerak lurus beraturan adalah sebagai berikut :

v = s / t

Dimana,
v = Kecepatan benda / kecepatan objek yang bergerak
s = Jarak yang ditempuh oleh objek tersebut
t = Waktu yang ditempuh

Pada materi gerak lurus beraturan ini rumus yang ada sangat sederhana sekali dan perhitungannya juga sangat mudah. Hanya satu rumus yang perlu di ingat, dan lagi rumus tersebut tidak perlu lagi pengembangan atau turunan segala macam yang membuat rumit perhitungan. Kesimpulan sangat mudah yaitu bahwa kecepatan yang ditempuh suatu objek dengan kecepatan tetap adalah sama dengan jarak dibagi waktu.

Hanya yang perlu sedikit anda perhatikan pada contoh-contoh soal gerak lurus beraturan yang ada baik dalam ujian biasa, ujian semester dan ujian nasional yaitu satuan ukur dari masing-masing variabel. Jadi jika pada soal tersebut diketahui salah satu variabel ditentukan dalam satuan Km, sedangkan pada jawaban soal semuanya dalam pilihan satuan ukuran meter, maka anda harus menkorversi terlebih dahulu satuan ukur tersebut. Begitu juga hal yang sama untuk satuan ukur waktu, jika pada soal glb nya dalam jam, sedangkan pada pilihan jawaban adalah detik (sekon) maka anda harus menjadikan ukuran jam tersebut menjadi sekon.

Contoh lain gerak lurus beraturan
Contoh Lain Gerak Lurus Beraturan

Coba perhatikan gambar orang yang berjalan kaki di atas !, orang yang berjalan kaki atau berlari jika dia bergerak dengan kecepatan tetap maka hal itu bisa dikategorikan sebagai GLB (Gerak Lurus Beraturan). Jadi jika anda tau jarak yang ditempuh seseorang yang berlari dengan kecepatan tetap dalam waktu tertentu, maka kecepatan orang tersebut berlari bisa anda hitung dengan mudah. Jika berbicara orang berlari dalam fisika, saya ingat guru fisika saya waktu di smp. Jadi guru ini sering sekali memberi soal atau contoh latihan soal gerak lurus beraturan ataupun gerak lurus berubah beraturan dengan kalimat "Bedu lari dikejar anjing dari desa ...dst.")  Wkwkwkkk...

Berikut ini beberapa latihan contoh soal gerak lurus beraturan berserta jawaban dan pembahasannya :
  1. Bedu berlari dikejar anjing dari desa Pandan Agung ke desa kota negara yang berjarak 1 Km, Jika Bedu berlari dengan kecepatan tetap dan sampai ke desa Kota Negara dalam waktu 15 menit, maka hitunglah kecepatan bedu berlari ?
  2. Jika suatu kereta listrik melaju dengan kecepatan tetap 120 Km/jam. Hitunglah jarak yang ditempuh oleh kereta listrik tersebut jika waktu yang ditempuhnya adalah 7500 detik ?
  3. Berapakah waktu yang dibutuhkan oleh orang yang berlari dengan kecepatan tetap 30 km/jam pada suatu lintasan lurus dengan jarak 500 meter?
  4. Jika diketahui V = 40 mil / jam, s = 10.000 meter. Hitunglah waktu yang ditempuh (dalam satuan menit) ?
  5. Dari soal nomor 4, hitunglah waktu tempuh jika kecepatannya adalah 25.000 meter / jam ?

Jawaban / Pembahasan :

1. Dik :  s = 1 Km
             t = 15 menit = 0,25 jam
    Dit : V = ?
    Penyelesaian :
    v = s / t
       = 1 km / 0,25 jam
       = 4 km/jam

untuk nomor 2 sd 5, anda harus mencari sendiri jawabannya. Setelah semua penjelasan saya tentang gerak lurus beraturan ini anda baca dan setelah semua soal sudah anda kerjakan. Sekarang anda cobalah menganalisa dan memahami apa sebenarnya itu GLB pada mata pelajaran fisika tersebut.

Tag : Contoh Soal Gerak Lurus Beraturan, Contoh Gerak Lurus Beraturan, Fisika Gerak Lurus Beraturan, Pengertian Gerak Lurus Beraturan, Rumus Gerak Lurus Beraturan, Materi Gerak Lurus Beraturan, Percobaan Gerak Lurus Beraturan, Contoh Gerak Lurus Beraturan Dalam Kehidupan Sehari-hari




Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel Gerak Lurus Beraturan (GLB) ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :