RUMUS DIAMETER LINGKARAN | MENCARI GARIS TENGAH LINGKARAN

Diamter Lingakran
Diameter adalah jarak antara garis tepi lingkaran ke garis tepi lingkaran yang lain dengan melewati titik pusat lingkaran. Jadi dengan kata lain jika anda membelah lingkaran tepat di tengahnya maka anda akan mendapatkan diameter tersebut adalah garis belahan anda pada lingkaran tersebut. Adapun rumus diameter lingkaran ini secara simple adalah dua kali jari-jari. Untuk mencari diameter atau garis tengah dengan menggunakan rumus-rumus lain yang berlaku pada lingkaran tentunya juga bisa anda terapkan. Karena pada dasarnya jika ada saja nilai dari luas ataupun keliling pada lingkaran tersebut diketahui, dengan kata lain diameternya secara pasti bisa dicari.

Rumus diameter lingkaran yang bisa kita peroleh dari pemanfaatan rumus-rumus lingkaran yang lain adalah sbb :
Rumus diameter dengan menggunakan rumus luas : 2 x akar dari (Luas lingkaran / pi)
Rumus diameter dengan menggunakan rumus keliling : Keliling / pi

Sebenarnya kalau kita telaah dari kata-kata. Kata garis tengah sudah bisa kita gunakan nalar atau logika kita untuk memahaminya. Yaitu bahwa diameter tersebut adalah panjang garis yang membelah sepanjang tengah lingkaran. 

Pada lingkaran yang sempurna atau ideal, maka tentunya jarak antara setiap titik pada tepi lingkaran ke titik pada tepi yang lain adalah sama. Hal ini dikarenakan lingkaran itu bersifat bundar dan berpusat pada titik pusat dan mempunyai jarak ke segala arah yang sama. Jadi jika ditarik alat ukur panjang (meteran) dari titik pusat ke segala titik pada tepi linkaran, maka sudah dipastikan hasilnya akan sama. Tapi pada lingkaran yang gepeng atau tidak beraturan akan berbeda lagi ceritanya.



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel RUMUS DIAMETER LINGKARAN | MENCARI GARIS TENGAH LINGKARAN ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :