ilokasi

RUMUS GERAK MELINGKAR | GERAK MELINGKAR

Pengertian RUMUS GERAK MELINGKAR | GERAK MELINGKAR adalah gerak suatu benda pada lintasan yang berbentuk lingkaran terhadap satu titik pusat. Gaya sentripetal adalah gaya yang berfungsi untuk menggerakkan benda tersebut agar tetap bergerak pada lintasan yang melingkar. Banyak sekali contoh gerak melingkar dalam kehidupan yang bisa kita saksikan seperti : 
a. Bulan yang mengorbit terhadap bumi
b. Bumi dan planet-planet lain yang berputar mengelilingi matahari
c. CD yang berputar pada compact disc
d. Roda kendaraan yang berputar
e. dll

Dari semua gerak melingkar di atas, semuanya pasti bisa dihitung dengan menggunakan rumus fisika. Ada beberapa variabel yang bisa kita cari nilainya pada pelajaran gerak melingkar ini, seperti kecepatan sudut, percepatan sudut, perioda dan besaran sudut. Mengenai perhitungan ini tentunya tidak berguna bagi kita yang cuma orang awam. Tetapi bagi ilmuwan atau pengembang pada suatu perusahaan yang memproduksi alat-alat yang berhubungan dengan gerak ini tentunya sangat berguna. 

Aplikasi gerak melingkar yang diperlukan perhitungan secara tepat adalah pada helikopter atau pesawat terbang mini yang digerakkan oleg baling-baling. Baling-baling pada helikopter sangat berpengaruh pada keberhasilan penerbangan, hal ini mencakup: kecepatan putaran baling ( berpengaruh pada penentuan ketinggian terbang), sudut putaran baling-baling (untuk membelokkan), percepatan putaran, panjang baling-baling atau jari-jari lintasan dan lain sebagainya. Pada kapal terbang mini yang tidak menggunakan mesin jet, juga akan sangat terpengaruh oleh kondisi putaran baling-baling.

Gambar Gerak Melingkar
Gambar Gerak Melingkar
Dari gambar gerak melingkar di atas bisa kita ketahui bahwasanya dengan kecepatan tertentu dan sudut tertentu gerak melingkar ini bisa difungsikan untuk mengangkat suatu benda yang berat (Heli).

Adapun jenis gerak melingkar ada 2 (dua) yaitu :
1. Gerak Melingkar Beraturan
2. Gerak Melingkar Berubah Beraturan

Gerak Melingkar Beraturan
Pengertian gerak melingkar beraturan adalah gerak melingkar suatu benda dengan kecepatan sudut yang tetap (tidak berubah). Rumus kecepatan sudut pada gerak melingkar beraturan ini didapat dari kecepatan tangensial dibagi dengan jari-jari lintasan.

Berikut ini rumus-rumus yang berlaku pada gerak melingkar beraturan :

\omega = \frac {v_T} R
Rumus Kecepatan Sudut Pada Gerak Melingkar Beraturan

\theta(t) = \theta_0 + \omega\ t
Kinematika Gerak Melingkar Beraturan 





v_T = \frac {2\pi R} T \!
Kecepatan Tangensial Pada Gerak Melingkar Beraturan



Gerak Melingkar Berubah Beraturan
Pengertian gerak melingkar berubah beraturan adalah gerak melingkar suatu benda pada lintasan dengan kecepatan sudut yang tidak tetap (berubah-ubah). Seperti halnya pada GLBB dan GLB, maka pada gerak melingkar berubah beraturan ini rumus bisa jadi lebih rumit.
\omega \rightarrow \omega(t) = \int \alpha dt = \omega_0 + \alpha t \!
Rumus Kecepatan Sudut Pada Gerak Melingkar Berubah Beraturan

Mungkin artikel gerak melingkar yang saya hadirkan ini kurang lengkap untuk anda pahami, ini juga karena keterbatasan ilmu saya. Anda bisa mencari rumus-rumus dari referensi yang lain yang lebih lengkap. Yang pasti secara garis besarnya gerak melingkar itu sudah saya jelaskan di atas.

Besaran Gerak Melingkar
Besaran yang ada pada gerak melingkar antara lain adalah sbb :
1. Kecepatan sudut (\omega\!) satuannya rad/s
2. Percepatan Sudut (\alpha\!) satuannya rad/s kuadrat
3. Besaran Sudut (\theta\!) satuannya rad
4. Perioda (T) satuannya sekon
5. Radius atau jari-jari lintasan (R) satuannya meter


Baca juga artikel fisika lain seperti :
Gerak Lurus Beraturan
Gerak Lurus Berubah Beraturan



Artikel Terkait :

Jika anda ingin membagikan artikel RUMUS GERAK MELINGKAR | GERAK MELINGKAR ini, maka anda harus mencantumkan link sumbernya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Komentar Menggunakan Akun Facebook :